Tuesday, October 28, 2014

Menjaga Foto Pribadi Agar Tidak Otomatis Terunggah

1tec
Kemaren-kemaren ini, dunia dikejutkan dengan beredarnya foto-foto pribadi selebriti Holywood dan tokoh di internet. Nama-nama beken seperti Jennifer Lawrence (film The Hunger Games), Selena Gomez, hingga Hope Solo (pesepakpola putri) dikaitkan erat dengan penyebaran foto yang seharusnya menjadi koleksi pribadi tersebut.
Foto-foto yang kabarnya berjumlah ratusan tersebut kebanyakan dihack dari layanan komputasi awan iCloud milik Apple yang juga digunakan di iPhone dan iPad. Apple telah menyanggah dengan menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan diakibatkan oleh ketidaksempurnaan sistem mereka melainkan karena hacker yang memang berusaha mencuri password iCloud milik para selebritis.
Meski demikian, kejadian ini seakan menyadarkan masyarakat tentang perlunya menjaga file pribadi.
Banyak cara untuk melindungi file yang diunggah ke komputasi awan. Seperti misalnya meningkatkan keamanan dengan menggunakan dua level password, merancang pertanyaan keamanan yang spesifik, hingga tidak melakukan koneksi ke komputasi awan secara secara otomatis.
Meski cara terakhir terbilang paling sederhana, namun nyatanya banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Padahal dengan cara ini, foto Anda sangat aman karena hanya berada di perangkat tanpa terunggah di internet.
iOS: iPhone dan iPad
iPHONE
Spekulasi biang keladi beredarnya foto selebriti di internet banyak dialamatkan pada layanan backup iCloud milik Apple yang ada di iPhone dan iPad. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengakses semua file yang ada di perangkat mana saja yang memungkinkan Anda melakukan login dengan akun iCloud.
Untuk menonaktifkan fungsi sinkronisasi foto di iCloud, caranya cukup mudah.
Pertama, masuklah ke menu setting – iCloud – Photos. Supaya tidak otomatis terunggah di iCloud, Anda hanya perlu mengatur Photos ke posisi off.
 
Aplikasi Facebook di Android
facevb
Secara default, Anda tak perlu melakukan setting di Android karena di awal pemakaian, biasanya fitur sinkronisasi file di Android berada dalam posisi nonaktif. Namun untuk sekedar tahu dan berjaga-jaga boleh kan?
Untuk menonaktifkan fitur sync di aplikasi Facebook, Anda perlu melakukan langkah berikut:
  • Buka aplikasi Facebook for Android
  • Klik menu setting yang ada di bagian kanan atas
  • Setelah terbuka, cari menu Photos
  • Setelah menu Photos terbuka, Anda akan melihat tombol Sync Photos. Jangan menekan tombol tersebut jika Anda tidak menginginkan foto yang ada dalam smartphone langsung terunggah di facebook
Aplikasi Google+ di Android
path
Aplikasi sosial media milik Google ini memiliki fitur instant upload, dimana foto yang Anda ambil melalui smartphone bisa langsung terkirim dan ditayangkan. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:
  • Buka aplikasi Google+ di Android
  • Masuk ke menu – setting
  • Masuk ke sub menu autobackup
  • Untuk menonaktifkannya, pindahkah posisi slider ke off.

No comments:

Post a Comment